Lakukan Ini Untuk Cegah Demam Berdarah

JOSENAN – Saat masuk musim hujan ada masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap sepele, yaitu penyebaran virus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang di bawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk Aedes Aegypti pembawa virus demam berdarah berkembang biak dengan sangat subur di genangan-genangan air sisa hujan. di kawasan pemukiman perlu mewaspadai penyebaran virus ini. Tak jarang banyak masyarakat yang terkena demam berdarah.

 

 

Banyak kasus terjadi orang tidak mengalami gejala-gejala awal selama mengalami kasus demam berdarah ringan. Gejalanya akan timbul setelah 4 sampai 10 hari setelah digigit oleh nyamuk tersebut. Gejala awal orang yang terkena demam berdarah antara lain demam yang mendadak tinggi dan nyeri di belakang bola mata. Keluhan lain yang tidak khas lainnya seperti sakit kepala, pegal-pegal, dan sebagainya seperti ketika kita mengalami flu. Namun, pada penyakit ini demamnya lebih tinggi dari flu dan biasanya tidak ada keluhan hidung berair dan bersin-bersin (kalaupun ada tidak menonjol).

 

Cara Pencegahan Demam Berdarah Yang Bisa Anda Lakukan antara lain :

1. Mensterilkan bagian dalam rumah Anda dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk ;
2. Membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate agar jentik-jentik nyamuk mati ;
3. Menutup, membalik, atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil penampung air lainnya yang ada di rumah Anda ;
4. Memasang kawat anti nyamuk di seluruh ventilasi rumah Anda ;
5. Memasang kelambu di ranjang tidur Anda ;
6. Memakai lotion anti nyamuk, terutama yang mengandung N-diethylmetatoluamide (DEET) yang terbukti efektif. Namun jangan gunakan produk ini pada bayi yang masih berusia di bawah dua tahun ;
7. Mengenakan pakaian yang longgar yang bisa melindungi Anda dari gigitan nyamuk ;
8. Melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan ;
9. Mengadakan fogging untuk mensterilkan lingkungan dari nyamuk dan jentik-jentiknya.
Mencegah timmbulnya demam berdarah secara dini lebih baik dari pada mengobati penyakit demam berdarah.(purwanto/keljosenan)
Kirim Pesan