RANGKAIAN KEGIATAN TRADISI “BERSIH DESA” KELURAHAN JOSENAN TAHUN 2018

Rangkaian Kegiatan Tradisi “Bersih Desa” Kelurahan Josenan Kecamatan Taman Kota Madiun Tahun 2018

JOSENAN – Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat . Di jawa khususnya, ritual bersih desa telah dilakukan berabad-abad lamanya. Ritual bersih desa di jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam. Ritual Bersih Desa dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga sebuah desa atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang. Ritual Bersih Desa sendiri biasanya dilaksanakan satu kali dalam setahun setelah musim panen tiba dan tradisi ini telah dilakukan secara turun-temurun dari zaman nenek moyang. Hari pelaksanaanya pun tidak sembarangan ditentukan, melainkan ada hari-hari tertentu di dalam kalender Jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanakan Ritual Bersih Desa.

Ritual Bersih Desa sendiri terdiri dari beberapa tahapan, diawali dengan kerja bakti membersihkan lingkungan yang dilakukan oleh seluruh warga desa baik membenahi jalan atau gang-gang, selokan, pos ronda agar terlihat rapi dan bersih. Selain itu biasanya warga juga membersihkan makan-makam yang dianggap keramat, terutama makam-makam leluhur, sosok atau tokoh yang pernah menjadi panutan masyarakat desa tersebut. Tujuan lain adalah untuk membersihkan halangan atau kesusahan yang ada (resik sukerta/sesuker) agar kehidupan seluruh warga tenang dan tenteram.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan persiapan upacara adat yang dilaksanakan untuk wujud rasa syukur dan permohonnan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kesejahteraan dan kesehatan yang diberikan kepada warga desannya.

Adapun Rangkaian Kegiatan Tradisi “Bersih Desa” Kelurahan Josenan Kecamatan Taman Kota Madiun Tahun 2018 yaitu :

1. Istighosah Qubro, bertempat di Kantor Kelurahan Josenan, pada Hari Kamis Pahing, Tanggal 19 April 2018, Pukul 19.30 WIB sampai dengan selesai.

2. Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk dengan Dalang Ki Nonot dari Tiron Kabupaten Madiun, bertempat di Lapangan Punden Gulun Ngebrak RT.28 RW.09, pada Hari Kamis Pahing, Tanggal 04 Oktober 2018, Pukul 20.30 WIB sampai dengan selesai.

3. Ziarah Makam Leluhur Kelurahan Josenan, bertempat di Pemakaman Umum Ngebrak RW.09 Kelurahan Josenan, pada Hari Jum’at Pon, Tanggal 05 Oktober 2018, Pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

4. Slametan Tumpengan, Pertunjukan Iring- Iringan Reog Ponorogo, bertempat di Wilayah RT / RW Lingkungan Kelurahan Josenan, pada Hari Jum’at Pon, Tanggal 05 Oktober 2018, Pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai.

5. Pentas Panggung Seni Reog Ponorogo, bertempat di Lapangan Kelurahan Josenan, pada Hari Sabtu Wage, Tanggal 06 Oktober 2018, Pukul 19.30 WIB sampai dengan selesai.

6. Pentas Panggung Seni Reog Ponorogo Dan Atraksi Kucingan, bertempat di Paguyuban pasopati Ngebrak – Jl.Pasopati Kelurahan Josenan, pada Hari Rabu Pon, Tanggal 10 Oktober 2018, Pukul 19.30 WIB sampai dengan selesai.

7. Pentas Panggung Seni Reog Ponorogo Dan Jaranan, bertempat di Jl.Ardodali Kelurahan Josenan, pada Hari Sabtu Pahing, Tanggal 13 Oktober 2018, Pukul 19.30 WIB sampai dengan selesai.

Ritual Bersih Desa tidak selalu sama di setiap daerah atau desa karena memang leluhur yang membawa tradisi tersebut berbeda di setiap daerah. Oleh karena itu upacara adat yang dilaksanakan pun berbeda tergantung pada leluhur siapa yang disakralkan. Hari-hari pelaksanaannya pun berbeda.

Atas berkat Rahmat Allah swt dan dengan dukungan dari semua pihak rangkaian Kegiatan Tradisi “Bersih Desa” Kelurahan Josenan Kecamatan Taman Kota Madiun Tahun 2018 dapat terselenggara dengan baik dalam suasana yang kondusif. (Purwanto)

Kirim Pesan