Kampung Tangguh Semeru Josenan Senjata Ampuh Lawan Covid 19

JOSENAN – Dalam rangka menekan angka kenaikan pasien positif Covid-19 di Kota Madiun, Pemerintah Kota Madiun membentuk Kampung Tangguh Semeru di setiap Kelurahan.

Kampung Tangguh Semeru merupakan langkah inovatif dan efektif guna memandirikan masyarakat setempat. Sehingga ke depan dapat mengatasi segala masalah sosial yang muncul di lingkungan masyarakat.

Kampung Tangguh Semeru Kelurahan Josenan bertempat di Perumahan Royal Orchid Residence RT.30 RW.08 Kelurahan Josenan Kecmatan Taman Kota Madiun.

Kampung Tangguh memiliki tujuh kriteria ketangguhan, yaitu tangguh logistik, tangguh sumber daya manusia (SDM), tangguh informasi, tangguh kesehatan, tangguh keamanan dan ketertiban, tangguh budaya, dan tangguh psikologis.

Guna memasyarakatkan adanya kampung tangguh dan memotivasi dan meningkatkan ketangguhan kampung tangguh itu sendiri Pemerintah Kota Madiun adakan Lomba Kampung Tangguh (28/7).

Penilaian Lomba Kampung Tangguh diantaranya meliputi bidang kesehatan meliputi kesediaan posko kesehatan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) hingga penanganan kegawatdaruratan. Kemudian bidang sosial dan ekonomi meliputi ketersediaan lumbung bantuan, dapur umum, pembangunan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga pelatihan softskill serta bidang keamanan.

Dengan adanya kampung tangguh ini juga diharapkan bisa lebih meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan di lingkungannya.(Purwanto)