Verifikasi 5 Pilar STBM di Kelurahan Josenan

JOSENAN – Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Program STBM memiliki indikator outcome dan output. Indikator outcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku. Sedangkan indikator output atau disebut juga lima pilar STBM adalah sebagai berikut :

  1. Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF).
  2. Setiap rumah tangga telah menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga.
  3. Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar.
  4. Setiap rumah tangga mengelola limbahnya dengan benar.
  5. Setiap rumah tangga mengelola sampahnya dengan benar.

Tim Verifikasi Tingkat Kota bersama Lintas Sektor dan dibantu Kader Kesehatan melakukan verifikasi dengan cara  kunjungan  pada 90 rumah di wilayah Kelurahan Josenan dengan sistem sampling. Kamis 2/06. Setiap rumah yang dikunjungi dilakukan wawancara kepada penghuni/pemilik rumah dan observasi perilaku higeneis serta kepemilikan sarana prasarana sanitasi. Dari 90 rumah yang telah dikunjungi diketahui bahwa seluruh rumah tangga tersebut telah menerapkan 5 Pilar STBM dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan dan Manfaat :
Penyelenggaraan STBM bertujuan untuk mewujudkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Pelaksanaan STBM dalam jangka panjang dipercaya dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian yang diakibatkan oleh sanitasi yang kurang baik, dan dapat mendorong tewujudnya masyarakat sehat yang mandiri.

Mari Dukung Deklarasi 5 Pilar STBM di Kota Madiun dan Terapkan 5 Pilar STBM di Kehidupan Sehari-hari. Lebih Bersih Lebih Sehat. (Purwanto)

Kirim Pesan