Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

JOSENAN – Bertempat di Gedung Kelurahan Josenan Kecamatan Taman Kota Madiun telah diadakan kegiatan Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) (22/11) dengannara sumber Petugas dari UPTD Puskesmas Demangan Kota Madiun dengan dihadiri oleh Lurah Josenan Basari SH, Sekretais Lurah Anton Anurogo, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Ketua Pokja IV  Ibu Mulyadi,  Kader Jumantik, Posyandu, Pokja Kelurahan Sehat dan dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Josenan.

 

“Maksud kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman warga masyarakat dalam mengelola program pembangunan pemberdayaan masyarakat terutama dibidang kesehatan lingkungan kesehatan masyarakat.” disampaikan Sekretaris Lurah Josenan saat memberikan sambutannya. Ia juga menambahkan, “kegiatan ini juga sebagai motivasi untuk mendorong pemahaman masyarakat tentang kebutuhan hidup bersih, perilaku higenis dan sanitasi yang sehat, terkait dengan lima Pilar STBM.

 

STBM 5 Pilar merupakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang terdiri dari stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga serta pengelolaan limbah cair rumah tangga.

 

“Pemicuan STPM pada akhirnya diharapkan masyarakat nantinya dapat menganalisa kondisi sanitasi mereka sendiri melalui proses pemicuan sehingga masyarakat dapat untuk berpikir, mengambil tindakan dan meninggalkan kebiasaan buruk untuk hidup lebih bersih dan sehat” disampaikan oleh Ketua Pokja IV PKK yang juga merupakan anggota Poskelkel Kelurahan Josenan saat memberikan pesan-pesannya. (Purwanto)