Penilaian Lomba Rumah Data Kampung KB Pasopati Di Kelurahan Josenan

JOSENAN –  Rabu (04/12) telah diadakan penilaian “Lomba Rumah Data Kampung Keluarga Berencana (KB) Tingkat Kota” bertempat di Kampung Keluarga Berencana (KB) “Pasopati” RW IX Kelurahan Josenan Kecamatan Taman Kota Madiun dengan dihadiri oleh Lurah Josenan Basari SH, Kepala Puskesmas UPTD Demangan, Ketua LPMK, Babinsa, Bhabinkamtibmas Kelurahan Josenan dan seluruh tim kepengurusan Kampung KB dengan tim juri penilai dari Dinas Kesehatan dan Keluraga Berencana Kota Madiun.

Tim Rumah Data Kampung KB Pasopati RW.IX
Kelurahan Josenan Kecamatan Taman Kota Madiun dengan Panca Karya
Tim Rumah Data Kampung KB Pasopati RW.IX
Kelurahan Josenan Kecamatan Taman Kota Madiun

“Apakah yang dimaksud Rumah Data Kampung KB itu ?”.

Kampung Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu “senjata pamungkas” baru pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang jarang “terlihat” oleh pandangan pemerintah. Kampung KB, kedepannya akan menjadi ikon program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Keberadaan Kampung KB ini tak lepas dari adanya Rumah Data Kampung KB.

Kemeriahan Tim Rumah Data Kampung KB RW IX Pasopati saat menyambut Tim Juri.
Kemeriahan Tim Rumah Data Kampung KB RW IX Pasopati saat menyambut Tim Juri.
Kemeriahan Tim Rumah Data Kampung KB RW IX Pasopati saat menyambut Tim Juri.

Rumah Data Kependudukan dibentuk untuk meningkatkan tata kelola pembangunan di tingkat desa/kelurahan berbasis data. Keberadaan data di rumah data kependudukan terintegrasi dengan sumber data lain, baik data demografi maupun data sektoral yang dapat digunakan untuk melakukan intervensi program-program pembangunan di Kampung KB.

Ketua Juri Penilai saat memberikan sambutannya.
Ketua Juri Penilai saat memberikan sambutannya.
Penyerahan Risalah Rumah Data Kampung KB RW. IX Pasopati dari Ketua kepada Ketua Juri Penilai.
Penilaian dan pengecekan data oleh Tim Juri

Selain itu keberadaan rumah data kampung KB itu setidaknya memiliki sejumlah manfaat. Pertama, ketersediaan data dan informasi kependudukan yang akurat menjadi salah satu prasayarat wajib. Pemenuhan akan kebutuhan data tersebut, diharapkan dapat dipenuhi melalui Rumah Data Kampung KB.

Kemeriahan saat Penilaian Rumah Data Kampung KB RW.IX Pasopati Kelurahan Josenan
Kemeriahan saat Penilaian Rumah Data Kampung KB RW.IX Pasopati Kelurahan Josenan
Kemeriahan Tim Rumah Data Kampung KB RW IX Pasopati saat Lomba Rumah Data Kampung KB di Kelurahan Josenan. *Lurah Josenan
Kemeriahan Tim Rumah Data Kampung KB RW IX Pasopati saat Lomba Rumah Data Kampung KB di Kelurahan Josenan. *Ketua LPMK Kelurahan Josenan

Kedua, Kampung KB yang dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, sangat membutuhkan data yang terkini, akurat dan terpercaya sebagai dasar perencanaan dan kebijakan pembangunan. Ketiga, keberadaan Kampung KB yang juga bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga nonpemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program pembangunan. (Purwanto)

Kirim Pesan