Verifikasi Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional

JOSENAN – Persoalan perubahan iklim saat ini menjadi salah satu ancaman terbesar bagi kehidupan manusia. Berbagai kegiatan manusia dalam pembangunan menyebabkan konsentrasi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer semakin bertambah yang akhirnya meningkatkan ancaman terhadap resiko terjadinya bencana terkait iklim. Sehingga diperlukan aksi nyata untuk meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim serta upaya pengurangan emisi GRK. Aksi dimaksud adalah aksi adaptasi, mitigasi dan kelmbagaan melalui Program Kampung Iklim.

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah. ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau Dusun dan paling tinggi setingkat Kelurahan atau Desa.

Pada tahun 2022 ini Kelurahan Josenan bersama sembilan kelurahan lain di Kota Madiun lolos dan siap berkompetisi dalam Program Kampung Iklim (ProKlim) Tingkat Nasional. Kelurahan lain itu adalah Kelurahan Manisrejo, Kelurahan Pandean, Kelurahan Banjarejo, Kelurahan Madiun Lor, Kelurahan Mojorejo, Kelurahan Manguharjo, Kelurahan Kelun, Kelurahan Taman dan Kelurahan Sukosari. Dan di tahun 2022 ini Kelurahan Josenan menunjuk lingkungan di wilayah RW.009 untuk mewakili Program Kampung Iklim.

Bertempat di Aula Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun, Senin 25 Juli 2022 laksanakan verifikasi Proklim untuk wilayah di RW,009 Kelurahan Josenan dengan narasumber Dian Puspita, S.E. selaku Lurah Josenan, Drs. Subyantara selaku Tokoh Masyarakat dan Purwanto selaku Admin. Verifikasi dilakukan dengan cara online melalui zoom untuk mendapatkan verifikasi dari Tim Verifikator Proklim Tingkat Nasional baik data maupun kegiatan dilapangan. (purwanto)

Kirim Pesan