Pelantikan, Apel Kesiapan Dan Bimbingan Teknis Pantarlih Se-Kelurahan Josenan Tahun 2023

JOSENAN – Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2024 perlu dilakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) kepada Pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih. Panitia Pemutakhiran Data Pemilih atau biasa disebut Pantarlih merupakan ujung tombak Komisi Pemilihan Umum dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih. Pantarlih dalam melakukan proses pemutakhiran dan pendaftaran pemilih mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya.

Pada hari Minggu, tanggal 12 Februari 2023, bertempat di Kantor Kelurahan Jl.Cokrobasonto No.44 Kelurahan Josenan Kecamatan Taman Kota Madiun Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Josenan telah dilaksanakan Pelantikan/Pengambilan Sumpah Janji, Apel Kesiapan dan Bimbingan Teknis terhadap Pantarlih se-Kelurahan Josenan. Acara dimulai pukul 08.00 WIB yang secara resmi dibuka oleh Ketua PPS Kelurahan Josenan, dilanjutkan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji. Pada pukul 08.15 WIB – 09.25 WIB yang ditandai dengan Penandatangan Pakta Integritas Pantarlih dilanjutkan sambutan Ketua PPS Kelurahan Josenan yang berisi tentang Tugas dan Kewajiban Pantarlih. Acara Pelantikan Pantarlih ditutup pada pukul 10.00 WIB yang diakhiri dengan Do’a dan salam penutup.

Pada pukul 10.00 WIB, acara dilanjutkan dengan Apel Kesiapan Pantarlih yang dipimpin oleh Ketua PPS Kelurahan Josenan yang didalamnya dilakukan penyematan atribut Pantarlih secara simbolis yang diikuti oleh seluruh Pantarlih. Apel Kesiapan ditutup pukul 11.00 WIB dan semua Pantarlih dipersilahkan istirahat selama 15 menit.

Pada pukul 11.15 WIB, dilanjutkan dengan acara Bimbingan Teknis. Sesi pertama dilakukan oleh Ketua PPS Kelurahan Josenan dan diakhiri pada pukul 12.00 WIB dilanjutkan ISHOMA (istirahat, sholat, makan) selama 30 menit. Pukul 12.30 WIB dilakukan Bimbingan Teknis sesi kedua oleh Divisi Rendatin PPS Kelurahan Josenan mengenai E-Coklit. Bimbingan Teknis diakhiri pada pukul 14.00 WIB yang ditutup dengan Do’a dan salam penutup.

Telah dilantik Petugas Pantarlih se Kelurahan Josenan secara sah dan siap untuk bertugas dan  telah mampu menggunakan aplikasi e-Coklit.

Kegiatan Pelantikan dan Apel Kesiapan serta Bimbingan Teknis Pantarlih di Kelurahan Josenan telah dilaksanakan dengan tertib dan lancar. Diharapkan seluruh Pantarlih segera bertugas sesuai dengan wilayah masing – masing dan tetap mengenakan atribut masing-masing serta melaksanakan tugas sesuai dengan perundang-undangan. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kelurahan Josenan harus menjaga netralitas, integritas sesuai pakta integritas yang telah dibaca dan ditandatangani, serta harus datang langsung untuk melakukan pemutakhiran dan menciklit data Pemilih.

Semoga tugas yang dilakukan Pantarlih beserta PPS selalu dalam ridho, rahmat dan lindungan Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. (purwanto)

Kirim Pesan